ACCOUNTING DEPARTMENT
Accounting
Department
adalah bagian yang sangat menentukan dalam perhitungan keluar masuknya uang
penghasilan dan semua pengeluaran operasional hotel. Bagian ini ibaratnya
jantungnya hotel, yang mampu mendistribusikan aliran darah hotel agar lancar
dan tidak terhambat. Accounting departemen ini yang mengelola operasional hotel
di bidang keuangan, mengelola arus masuk dan keluar uang dari pendapatan dan
biaya yang sewaktu-waktu terjadi terjadi transaksi keuangan.
Seksi-seksi
Accounting Department di hotel Bagian ini mencakup back office yang tidak
memberikan layanan langsung kepada tamu, seksi –seksi yang ada pada bagian ini
sbb:
- General Cashier ( mengelola ,mencatat setiap pengeluaran hotel)
- Cost control (menguruisi tentang food cost dan beverage cost)
- Purchasing (bagian pembelian bahan – bahan baku yang diperlukan)
- Store (bagian yang bertugas menyimpan bahan-bahan kebutuhan di FB dept.)
- Income auditor (bagian yang mencatat dan mengurusi tentang pendapatan actual operasional)
- Cashier Restaurant, Bar, soda fountain, Room service, Banquet, Drug store (bagian yang menerima pembayaran dari semua transaksi tamu hotel.)
- Account receivable (bagian yang mengelola tentang hutang piutang perusahaan /operasional hotel)
- Credit (bagian yang mengurusi penagihan semua pembayaran piutang Hotel)
- Book keeper (yang membuat laporan income statement, Rugi/Laba dan balance sheet /Neraca)
- Front office cashier bertugas membuat Master bill tamu untuk mencatat semua tagihan dari bill/check transaksi tamu baik individu maupun group selama menginap, menerima pembayaran saat tamu c/o secara: tunai/Cash; Credit card, check, Voucher, dan Bank Garansi (BG).
- Night auditor: petugas yang betugas meng-audit laporan FO cashier pada malam hari semua pendapatan selama sehari dan mencatat semua transaksi penjualan operational hotel selama satu hari.
a. Menerima
dan melakukan pembayaran
b. Menerima
pembayaran cash (cash payment), melakukan pembayaran secara cash maupun charge.
c.
Melakukan pencatatan uang dan barang (Pembukuan)
d. Mencatat
semua pembelian barang oleh hotel yang tidak dibayar cash
e.
Melakukan pencatatan pembeli barang barang yang diperlukan oleh hotel
f.
Melakukan pencatatan penyimpanan dan pengeluaran barang barang
g. Mencatat
hasil penjualan hotel
h.
Mengawasi aliran uang dihotel
i Mengawasi
atau mengontrol bagian pendapatan dan pengeluaran hotel
j. Membuat
pembukuan atas segala transaksi pembelia barang di hotel
k. Membuat
laporan keuangan hotel baik pendapatan maupun pengeluaran.
Sumber :
http://repository.stipram.ac.id/12/1/HOTEL%20INTRODUCTION%20-%20ISDARMANTO.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar