Jumat, 14 September 2018

Acounting


ACCOUNTING DEPARTMENT



Accounting Department adalah bagian yang sangat menentukan dalam perhitungan keluar masuknya uang penghasilan dan semua pengeluaran operasional hotel. Bagian ini ibaratnya jantungnya hotel, yang mampu mendistribusikan aliran darah hotel agar lancar dan tidak terhambat. Accounting departemen ini yang mengelola operasional hotel di bidang keuangan, mengelola arus masuk dan keluar uang dari pendapatan dan biaya yang sewaktu-waktu terjadi terjadi transaksi keuangan.


Seksi-seksi Accounting Department di hotel Bagian ini mencakup back office yang tidak memberikan layanan langsung kepada tamu, seksi –seksi yang ada pada bagian ini sbb:
  • General Cashier ( mengelola ,mencatat setiap pengeluaran hotel)
  • Cost control (menguruisi  tentang food cost dan beverage cost)
  • Purchasing (bagian pembelian bahan – bahan baku yang diperlukan)
  • Store (bagian yang bertugas menyimpan bahan-bahan kebutuhan di FB dept.)
  • Income auditor (bagian yang mencatat dan mengurusi tentang pendapatan actual operasional)
  • Cashier Restaurant, Bar, soda fountain, Room service, Banquet, Drug store (bagian yang menerima pembayaran dari semua transaksi tamu  hotel.)
  • Account receivable (bagian yang mengelola tentang hutang piutang perusahaan /operasional hotel)
  • Credit (bagian yang mengurusi penagihan semua pembayaran piutang Hotel)
  • Book keeper (yang membuat laporan income statement, Rugi/Laba dan balance sheet /Neraca)
  • Front office cashier bertugas membuat Master bill tamu untuk mencatat semua tagihan dari bill/check transaksi tamu baik individu maupun group selama menginap, menerima pembayaran saat tamu c/o secara: tunai/Cash; Credit card, check, Voucher, dan Bank Garansi (BG).
  • Night auditor: petugas yang betugas meng-audit laporan FO cashier pada malam hari semua pendapatan selama sehari dan mencatat semua transaksi penjualan operational hotel selama satu hari.

 Tugas dan tanggung jawab Accounting Department:
a. Menerima dan melakukan pembayaran
b. Menerima pembayaran cash (cash payment), melakukan pembayaran secara cash maupun charge.
c. Melakukan pencatatan uang dan barang (Pembukuan)
d. Mencatat semua pembelian barang oleh hotel yang tidak dibayar cash
e. Melakukan pencatatan pembeli barang barang yang diperlukan oleh hotel
f. Melakukan pencatatan penyimpanan dan pengeluaran barang barang
g. Mencatat hasil penjualan hotel
h. Mengawasi aliran uang dihotel
i Mengawasi atau mengontrol bagian pendapatan dan pengeluaran hotel
j. Membuat pembukuan atas segala transaksi pembelia barang di hotel
k. Membuat laporan keuangan hotel baik pendapatan maupun pengeluaran.




Sumber :
http://repository.stipram.ac.id/12/1/HOTEL%20INTRODUCTION%20-%20ISDARMANTO.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar