Jumat, 14 September 2018

MARKETING

MARKETING DEPARTEMEN




Berperan sebagai tangan nya hotel dalam tugas meraih tamu sesuai dengan harapan dan target goal perusahaan, berperan sebagai pemasaran hotel dalam menciptakan branding hotel dari aspek positioning dan citra perusahaan. Section yang ada di Marketing Departement : Sales, Marketing Public Relation, Staff Admin & IT dan Art & Design.

Pengertian Marketing adalah suatu proses sosial dan manajerial yang membuat individu dan kelompok guna memperoleh tujuan yang dibutuhkan serta diinginkan melalui penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain. Marketing adalah berbagai usaha yang harus dilakukan supaya membuat sebuah bisnis atau usaha selalu tampak lebih baik di kalangan pasar dibanding para pesaing bisnis. ( Laksita Utama Suhud, 2009).

Menurut American Marketing Association dalam Kotler dan Keller (2009:5), “Pemasaran adalah suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan, dan memberikan nilai
kepada pelanggan dan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan upaya yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingannya”.

Menurut Philip Kotler menyatakan bahwa marketing adalah suatu kegiatan sosial dan sebuah pengaturan yang dikerjakan oleh individu atau sekelompok  upaya mendapatkan sesuatu target.



Struktur organisasi Marketing Department adalah:
  1. Marketing adalah bagian yang bertugas sebagai devisi pemasaran yang melakukan promosi, penetrasi pasar, positioning dan pencitraan hotel, melalui branding multi media dan media pemasaran lainnya.
  2. Sales adalah bagian yang bertugas menjual produk hotel (Room, Food & Beverage, Event MICE, other fasilities restaurant, Bar, discoteque, Karaoke, night club, SPA, Games & Sport fasilities. Melalui sales call, expo, gathering dengan prospek pelanggan dari institusi, lembaga, pemerintah, perusahaan swasta, dan masyarakat.
  3. Public Relations devisi yang bertugas melakukan pendekatan hubungan relasi yang erat harmonis dengan klien bisnis, Vendor, dan prospek pelanggan dari pemerintah, perusahaan, institusi, lembaga dan komunitas public, dalam rangka pencitraan perusahaan lebih dekat dengan prospek tamu pelanggan.
  4. Art & design/event organizer adalah bagian yang bertugas membuat desain Fliers. spanduk, bill board, promosi events, dan desain branding di  multimedia,
  5. Sales Admin & Statistic bertugas mengumpulkan data-data yang akurat dari perkembangan hotel pesaing, kegiatan pemasaran dan peningkatan operasional perusahaan setiap tahunnya, sebagai informasi data statistik impirik dalam penyusunan strategi pemasaran hotel kedepan.



Kelemahan & kegagalan Staff  MARKETING
  1.           Tidak memiliki konsep terencana (Marketing Plan)
  2.           Tidak memahami pasar sasaran yang tepat (segmentasi pasar) melalui visibility study
  3.           Tidak memiliki bauran pemasaran yang tepat (Marketing Mix)
  4.           Kurang memiliki pengetahuan dasar tentang produk (product knowledge)
  5.           Tidak memiliki kemampuan (skill) utamanya communication skill.
  6.           Kurang memiliki pengetahuan teknik pemasaran yang unggul (Marketing intelligent).
  7.           Kurang serius, malas melakukan tugas atau pekerjaan kualitas puncak.
  8.           Kurang innovative, creative dalam menyusun perencanaan bisnis.
  9.           Tidak melakukan strategi penetrasi pasar, SWOT analysis yang lemah.



Sumber : 
http://repository.stipram.ac.id/12/1/HOTEL%20INTRODUCTION%20-%20ISDARMANTO.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar