Jumat, 14 September 2018

Engineering


ENGINEERING DEPARTMENT


Engineering adalah istilah bagian yang diibaratkan sebagai kaki kaki nya hotel, dengan tanpa bagian ini tidak bisa berjalan apalagi berlari. Bagian ini di hotel populer digunakan sebagai bagian teknik, namun bagian teknik ini diartikan oleh kebanyakan orang dalam arti yang lebih sempit , yaitu hal-hal yang menyakut hal-hal, seperti: kerusakan mesin, listrik padam , saluran air tersumbat, bocor, kamar gas, atau pendingin udara AC yang tidak bekerja dan sebagainya. Namun dalam kenyataannya engineering ini adalah bagian teknik di bidang perhotelan dengan pemahaman yang lebih luas merupakan juga bagian pelayanan kepada tamu yang digunakan sebagai pengelola eskalator atau lift yang mengangkut tamu setiap naik dan turun bolak-balik yang hampir tidak pernah istirahat sehingga harus selalu dijaga. 


Dengan demikian Engineering lebih berkaitan dengan pelayanan tamu yang meliputi keamanan, perbaikan, pemeliharaaan dan pengembangan asset operasional hotel. Dalam pemahaman yang lain, engineering adalah  “ Sebuah departemen di hotel yang bertanggung jawab untuk hal-hal - hal yang menyangkut aspek - aspek teknis dari hotel, yang berkaitan erat dengan pengelolaan keselamatan , kelancaran, keamanan, pelayanan, kesenangan, dan kepuasan tamu hotel “Staf yang diberi tanggung jawab mengelola departemen teknik atau departemen teknik ini diberi posisi sebagai chief engineer atau direktur operasi bangunan , atau sebagai Inspektur bangunan , atau kombinasi dari nama-nama pos . Dia adalah orang yang diberi kewenangan dan tanggung jawab untuk mengelola, memelihara, dan memperbaiki fasilitas-fasilitas hotel. Peran Engineering Departemen adalah salah satu yang sangat penting dalam operasional hotel sebagai pendukung operasi, engineering department mutlak harus memiliki staff berkemampuan baik dalam melaksanakan job deskripsionnya.


Fungsi dan tugas dari departemen engineering.
  1. Lindungi Biaya Investasi dimaksudkan untuk mencegah investasi yang dimiliki oleh pemegang saham (owner) tidak sia-sia. Oleh karena itu, harus dicegah terjadinya maintan yang buruk, biaya pemeliharaan terlalu tinggi, karena mereka tidak peduli.
  2. Berkontribusi sebagai Nama atau diperlukan untuk keseluruhan kepuasan tamu. Maksudnya: Support, menyediakan, dan dibuat sedemikian rupa sehingga semua melayani untuk kepuasan tamu - tamu hotel.
  3. Berkontribusi untuk operasi yang efisien dari departemen lainnya. Seperti: Mengawasi operasional hotel dalam rangka untuk menjalankan seefisien mungkin. Meminimalkan biaya energi dari biaya facilities. Menekan terkecil daya kemungkinan konsumsi. Minimalkan kemungkinan masalah -masalah yang dapat menimbulkan kerugian, kecelakaan, dan kekacauan dalam kegiatan operasi Hotel.



Sumber :
http://repository.stipram.ac.id/12/1/HOTEL%20INTRODUCTION%20-%20ISDARMANTO.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar