ENGINEERING
DEPARTMENT
Engineering
adalah istilah bagian yang diibaratkan sebagai kaki kaki nya hotel, dengan
tanpa bagian ini tidak bisa berjalan apalagi berlari. Bagian ini di hotel
populer digunakan sebagai bagian teknik, namun bagian teknik ini diartikan oleh
kebanyakan orang dalam arti yang lebih sempit , yaitu hal-hal yang menyakut
hal-hal, seperti: kerusakan mesin, listrik padam , saluran air tersumbat,
bocor, kamar gas, atau pendingin udara AC yang tidak bekerja dan sebagainya.
Namun dalam kenyataannya engineering ini adalah bagian teknik di bidang perhotelan
dengan pemahaman yang lebih luas merupakan juga bagian pelayanan kepada tamu
yang digunakan sebagai pengelola eskalator atau lift yang mengangkut tamu
setiap naik dan turun bolak-balik yang hampir tidak pernah istirahat sehingga
harus selalu dijaga.
Dengan demikian
Engineering lebih berkaitan dengan pelayanan tamu yang meliputi keamanan,
perbaikan, pemeliharaaan dan pengembangan asset operasional hotel. Dalam
pemahaman yang lain, engineering adalah
“ Sebuah departemen di hotel yang bertanggung jawab untuk hal-hal - hal
yang menyangkut aspek - aspek teknis dari hotel, yang berkaitan erat dengan
pengelolaan keselamatan , kelancaran, keamanan, pelayanan, kesenangan, dan
kepuasan tamu hotel “Staf yang diberi tanggung jawab mengelola departemen
teknik atau departemen teknik ini diberi posisi sebagai chief engineer atau
direktur operasi bangunan , atau sebagai Inspektur bangunan , atau kombinasi
dari nama-nama pos . Dia adalah orang yang diberi kewenangan dan tanggung jawab
untuk mengelola, memelihara, dan memperbaiki fasilitas-fasilitas hotel. Peran
Engineering Departemen adalah salah satu yang sangat penting dalam operasional
hotel sebagai pendukung operasi, engineering department mutlak harus memiliki
staff berkemampuan baik dalam melaksanakan job deskripsionnya.
Fungsi dan tugas
dari departemen engineering.
- Lindungi Biaya Investasi dimaksudkan untuk mencegah investasi yang dimiliki oleh pemegang saham (owner) tidak sia-sia. Oleh karena itu, harus dicegah terjadinya maintan yang buruk, biaya pemeliharaan terlalu tinggi, karena mereka tidak peduli.
- Berkontribusi sebagai Nama atau diperlukan untuk keseluruhan kepuasan tamu. Maksudnya: Support, menyediakan, dan dibuat sedemikian rupa sehingga semua melayani untuk kepuasan tamu - tamu hotel.
- Berkontribusi untuk operasi yang efisien dari departemen lainnya. Seperti: Mengawasi operasional hotel dalam rangka untuk menjalankan seefisien mungkin. Meminimalkan biaya energi dari biaya facilities. Menekan terkecil daya kemungkinan konsumsi. Minimalkan kemungkinan masalah -masalah yang dapat menimbulkan kerugian, kecelakaan, dan kekacauan dalam kegiatan operasi Hotel.
Sumber
:
http://repository.stipram.ac.id/12/1/HOTEL%20INTRODUCTION%20-%20ISDARMANTO.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar