HOUSKEEPING DEPARTMENT
Housekeeping
Department Housekeeping adalah bagian atau departemen yang mengatur
atau menata peralatan, menjaga kebersihan, memperbaiki kerusakan dan memberikan
dekorasi dgn tujuan agar hotel tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan
penghuninya. Rumekso (2000:
Housekeeping
Department adalah
bagian yang bertugas dan bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan, kerapian,
keindahan (attractive) dan kenyamanan di seluruh areal hotel, baik di luar
gedung maupun di dalam Membuat laporan guest history sebagai bahan analisis
pemasaran kedepan. Ruang gedung, termasuk kamar-kamar tamu, ruangan-ruangan
yang disewa oleh para tamu, restaurant, offices serta toilet. Divisi dalam
Housekeeping menurut Margaret M. Kappa (1990:21):
Guest
Rooms; Corridors; Public areas; Swimming pool; Office Storage area; Linen
Laundry; Employee locker room; Meeting rooms; Excecutive lounge; Dinning rooms;
Banquet rooms; Exercise rooms/ Fitness
centre.
Pembagian section Housekeeping
Department
1. Floor
Section adalah bagian yang bertanggung jawab pada kebersihan dan kondisi
kamar-kamar lengkap dengan fasilitas Guest amenities nya dalam kondisi (Vacant
room) atau siap untuk dijual pada semua lantai (floor) yang ada di hotel.
2. Public
area Section:
- Houseman Section adalah bagian yang bertanggung jawab pada kebersihan diluar kamar atau area dalam hotel, Lobby, Toilet, corridor, FB outlet, employee area, meeting room, semua ruangan Kantor (office) yang ada di hotel Selain itu juga memelihara tanaman yang ada indoor garden.
- Yardman bertugas pembersihan di luar area (out door)
- Gardener bertugas memelihara semua tanaman yang ada di seluruh area hotel.
4. Laundry
Section adalah bagian yang bertanggung jawab dengan pengelolaan pakaian
kotor (cucian) semua tamu-tamu yang harus di cucikan di laundry dan Dry
Cleaning, serta menjaga dan memperbaiki bahan Lena yang rusak dan hal-hal
lain yang harus diperhatikan adalah memelihara menyiapkan kebutuhan laundry bag
untuk setia
Peran
Housekeeping Department
1)
Menyediakan, merawat dan menyimpan uniform karyawan F&B, linen supplies
baik untuk keperluan sehari-hari maupun jika ada event
2)
Memberitahu kepada room service untuk prepare kamar yg VIP
3)
Melaporkan ke room service jika ada barang yang habis dipakai oleh tamu untuk
di clear-up
4)
Membantu F&B Jika ada event dengan memasang dekorasi, bunga, memasang meja
maupun kursi
5)
Menjaga kebersihan seluruh ruangan F&B outlet kecuali kitchen/ pastry
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar