SECURITY DEPARTMENT
(DEPARTEMEN KEAMANAN)
Security
department
adalah merupakan bagian yang perannya diibaratkan sebagai kulitnya hotel yang
harus mampu melindungi tubuh hotel yang berupa harta kekayaan (asset);
seluruh karyawan SDM hotel dan semua tamu-tamu yang menginap di hotel. Security
department merupakan departemen yang bertugas menjaga dan mengatur keamanan
hotel serta melakukan pengamanan seluruh area hotel dan ikut memantau
kamar-kamar tamu, terutama yang dihuni agar tidak terjadi hal-hal yang tidak
diinginkan serta memantau keluar masuknya tamu di kamar hotel dan mengawasi
tamu-tamu yang mencurigakan. Selain itu security juga harus memeriksa para
karyawan hotel “body checking” baik itu saat masuk kerja maupun saat
pulang bekerja. Adanya security membuat tamu merasa aman dalam menginap di
hotel.
Pada
hotel yang kecil security dapat tidak berdiri sendiri tetapi dasarnya security
merupakan sebuah section dari Human Resources Department. Yang mana
segala job description-nya berdasarkan ketentuan dari management.
Departemen security di hotel ini bertanggung jawab atas pengelolaan keamanan
baik semua aset perusahaan, seluruh karyawan dan terutama lebih kepada tamu
hotel. Keamanan bangunan dan fasilitas hotel dari kerusakan, kehilangan,
kebakaran dan pengaruh dari luar yang merusak citra hotel. Petugas keamanan
biasanya menggunakan mantan petugas polisi yang penuh tugas, yang mengawasi
petugas keamanan yang diatur dengan tiga jadwal shift selama 24 jam.
Akhir-akhir ini departemen ini sering menggunakan tenaga profesional
outsourcing, sehingga mengurangi biaya gaji karyawan mereka.
Pada era
sekarang (Zaman Now), bagian security lebih didominasi oleh lembaga outsourcing
sehingga bagian ini memiliki struktur organisasi yang berdiri sendiri. Namun
dalam hal tanggung jawab, meskipun dari lembaga outsourcing, kinerja
para security masih tetap terpantau oleh Human Resources Department.
Adanya outsourcing
ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Outsourcing
lebih memudahkan pihak human resources untuk mencari security yang
sesuai dengan kriteria hotel, karena jika security yang dikirim oleh pihak
outsourcing kurang maksimal dalam bekerja, maka hotel dapat melakukan komplain
dan meminta ganti dengan security yang lebih profesional dalam bekerja.
Kelemahan pada outsourcing adalah, kualitas dari security yang minim
pengetahuan hotel dan komunikasi berbahasa asing. Sebagian besar security dari
lembaga outsourcing mungkin pernah bekerja menjadi security di pabrik,
lalu lintas, mall, atau pun tempat publik lainnya, sehingga pada waktu ia
ditempatkan di suatu hotel maka ia akan
susah untuk bersosialisasi dengan istilah-istilah perhotelan yang notabene sedikit
“merepotkan”. Terlepas dari kebijakan hotel untuk memakai jasa outsourcing atau
tidak, tentu saja Security Department tetap mempunyai tanggung jawab
besar dalam menjalankan bisnis perhotelan. Seringkali terjadi sesuatu yang
tidak diinginkan di hotel, dan itu menjadi tugas departemen keamanan untuk
mengatasinya. Walaupun seringkali pekerjaan di bidang keamanan sering dipandang
sebelah mata, tetapi justru tanpa mereka tamu tidak merasa aman yang merupakan
salah satu esensi dari bisnis hospitality. Oleh karena itu, sesuai dengan
tujuan perusahaan agar tamu dapat mencapai kepuasan termasuk dalam segi
keamanan dan kenyamanan, departemen keamanan lah yang memikul tanggung jawab
tersebut.
Security
Department
di hotel bertanggung jawab dalam menjaga keamanan hotel, baik seluruh asset
kekayaan perusahaan, karyawan dan terlebih lebih terhadap keamanan dan privasi
tamu hotel. Keamanan bangunan dan fasilitas hotel dari kerusakan, kehilangan,
kebakaran dan pengaruh luar yang merusak citra hotel. Kepala security biasanya
menggunakan ex staf kepolisian atau ABRI yang sudah purna tugas, yang membawahi
petugas satuan pengamanan (satpam) yang diatur dengan schedule tiga shift
selama 24 jam. Namun akhir-akhir ini department ini sering menggunakan tenaga
out sourcing yang lebih professional sehingga dapat lebih efisien menekan biaya
tetap gaji karyawannya.
Sumber :
http://repository.stipram.ac.id/12/1/HOTEL%20INTRODUCTION%20-%20ISDARMANTO.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar